DPC Oriq Jaya Lutim Gelar Bupati Cup I Lomba dan Pameran Burung Kicau

INDONESIASATU.CO.ID:

LUWU TIMUR - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Oriq Jaya Luwu Timur Menggelar lomba dan pameran burung kicau "Bupati Cup I" di lapangan bola Kertoraharjo, Desa Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni Timur, Luwu Timur Munggu (20/1/2019).

Gelaran Bupati Cup I yang bertajuk "Mari Gantang Bersama Demi Persaudaraan dan Pelesrarian Burung Kicau" yang di buka langsung oleh bapak Bupati luwu Timur, H. M. Thoriq Husler.

Dalam sambutannya, beliau berharap nantinya kegiatan ini juga dapat melestarikan burung kicau yang ada, mengingat beberapa jenis burung kicau yang sekarang masuk satwa dilindungi, yakni murai batu, cucak rowo, cucak hijau, jalak suren, kolibri, cucak jempol dan beberapa jenis lainnya.

"Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena kami Pemerintah menilai kegiatan ini merupakan kegiatan positif dalam melestarikan burung kicau," ujar Husler.

Kegiatan yang digelar sehari ini diikuti 700an peserta yang berasal dari Luwu Timur maupun dari luar daerah seperti Luwu Utara,  Palopo, Lucu, Tirana dan sekitarnya

Lokasi gantangan di sesaki kicau mania, baik itu kicau mania dari Luwu Timur sendiri maupun dari luar Kabupaten Luwu Timur,.

Ini disebabkan, untuk pertama kalinya dalam awal tahun 2019 ini, di Kabupaten Luwu Timur diselenggarakan kegiatan lomba dan pameran burung berkicau Bupati Cup I ini.

Lapangan Kertoraharjo, menjadi arena perhelatan even ini karena jika dilihat dari cuaca sekarang, arena ini menjadi sangat efisien.   

Ketua panitia Ayani mengatakan ada 40an kelas burung dan 10 kategori yang diperlombakan, dimana pada pukul 11.00 Wita gelaran dimulai dan di pantau langsung tim Juri Oriq Jaya (JOJ) yang sengaja di datangkan dari Makassar,  Jawa dan Pulau Bali. 

Ditambah mas Ghazali yang membawakan acara makin menambah semaraknya acara. 

"Ya, kelas love bird tetap menjadi kelas favorit saat itu dan ada 10 kelas yang dibuka untuk kelas love bird termasuk kelas paud", buka Ayani.

Tak ayal kalau kelas love bird tersebut tersaji dengan keseruan di tiap kelasnya dikarenakan para love bird mania saling bersaing memperebutkan tahta juara.

Di salah satu kelas yaitu di kelas utama love bird, Kelas Love Bird Bupati, love bird Cantik milik Rendy (CDC) dari CBC Suroako, sukses torehkan hasil maksimal dengan memenangi kelas tersebut.

Bahkan sempat love bird Cantik milik Rendy menjadi double winner di gelaran hari itu. Tak hanya di kelas love bird, kelas murai batu juga tak kalah sajikan keseruan.

Munculnya beberapa murai asal daerah yang baru terdengar namanya, ternyata tak kalah hebat dengan murai dari Kab.Luwu.

Salah satunya adalah murai Sneper milik Mannu dari LKC BC asal Kabupaten Luwu .

Sneper torehkan double winner kala itu dan menjadi pembuktian bahwa murai daerah juga tak kalah hebatnya dengan murai dari Kota Palopo.

Mungkin kemunculan beberapa murai batu asal daerah yang baru terekspose tersebut bisa menjadi ancaman bagi murai mania lainnya di even-even berikutnya.

Gelaran tetap semarak hingga selesai di sekitar pukul 18.00 WITA dengan hasil gelaran yang bisa dibilang sukses.

Pembagian doorprize dan pengumuman juara umum BC (bird club) dan SF (single fighter) menjadi jamuan penutup.

Kesuksesannya tak lepas dari pengaturan strategi dalam menurunkan amunisi sehingga dapat mengumpulkan point kemenangan.

Seperti double winnernya Rio Rio dan double winnernya murai Kampung yang menjadi penyumbang penting bagi Garuda BC.

Kekompakan tim yang menjadi kunci kemenangan tim Garuda BC hari ini.

Akankah trend positif Garuda BC ini akan berlanjut di even Latpres Launching DPC Oriq Jaya yang diadakan pada Minggu 3 Pebruari 2019 nanti di Kecamatan Lamasi?.

Pada saat gelaran berakhir, Ayani selaku ketua panitia sangat mengapresiasi atas kehadiran dan kerjasama kicaumania sehingga gelaran dapat berjalan aman dan tertib, walaupun ada mis komunikasi antara peserta namun panitia bisa mengatasi dengan cepat.

Ia juga mengapresiasi pihak Pemkab Luwu Timur karena even ini terselenggara sukses berkat adanya dukungan Pemkab Luwu Timur.

Bahkan even Bupati Cup telah menjadi agenda tahunan Kabupaten Luwu Timur sebagai even rutin tahunan.

Liputan/Editor : Suhardi

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita