DPRD Lutim Terima 2 Ranperda Tahap II Tahun 2019

INDONESIASATU.CO.ID:

LUWU TIMUR - DPRD Luwu Timur menerima dua buah Rancangan Perda Tahap II Tahun 2019. Penyerahan Ranperda tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Luwu Timur H.M. Thorig Husler kepada Ketua DPRD Luwu Timur H. Amran Syam saat Sidang Paripurna. Jumat (17/05/2019).

Dua ranperda yang dimaksud adalah Ranperda terkait Pembentukan Desa Aro Lipu Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur dan Ranperda terkait Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan Terhadap Kekerasan.

Dalam pidato sambutannya, Bupati Husler mengatakan tujuan penyelenggaraan otonomi desa yaitu mendekatkan pelayanan pemerintahan desa pada masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dengan adanya aspirasi yang berkembang di Desa Bawalipu. Olehnya itu dipandang perlu meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa dengan melakukan pemekaran desa,” ungkap Husler.

Pemekaran Desa Aro Lipu dari desa induk Desa Bawalipu. Wilayah kerja Desa Aro Lipu meliputi 2 dusun yaitu Dusun Campae dan Dusun Lengkong dengan luas wilayah 9 km2 dan dengan jumlah penduduk sebesar 3.093 jiwa.

Dalam ranperda tentang penyelenggaraan perlindungan perempuan terhadap kekerasan, Husler menjelaskan perlindungan perempuan telah menjadi isu strategis nasional maka hal tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat semata namun juga pemerintah daerah dengan segala perangkat yang ada.

“Tujuan penyusunan ranperda ini salah satunya untuk melindungi perempuan terhadap kekerasan,” papar Husler.

Usai penyerahan, Ketua DPRD Luwu Timur H. Amran Syam mengatakan DPRD akan segera membahas 2 buah ranperda dimaksud. Ranperda akan dibahas dalam pansus DPRD beranggotakan 10 anggota DPRD berasal dari perwakilan fraksi-fraksi.(***)

  • Whatsapp

Berita Terkait

* Belum ada berita terpopuler.

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita