Polda Metro Jaya: Selama Bulan Maret Polisi Tilang 652 Pemotor Merokok Sambil Mengemudi

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan penilangan kepada ratusan pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Salah satu yang dilanggar adalah karena mengemudi sambil berkendara.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf.  Sik.  Msi menjelaskan, selama Maret 2019 pihaknya telah menilang 652 pengemudi yang melanggar Pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Ratusan pengemudi itu ditilang karena melanggar Pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

“652 (pelanggar) itu pada Maret itu adalah pelanggaran yang juga pelanggaran terhadap dilarang merokok itu. Dilarang merokok itu melanggar pasal 283 karena dia lakukan aktivitas lain di samping mengendarai, akibatnya fatal itu dia tidak konsentrasi,” jelas Kombes Pol Yusuf, Senin (01/04/2019).

Dirlantas Polda Metro Jaya menjelaskan konteks ‘kegiatan yang dapat mengganggu konsentrasi’ tidak hanya menggunakan ponsel, tetapi juga di antaranya adalah merokok sambil mengemudi. Aturan ini juga dituangkan dalam Permenhub No 12 Tahun 2019.

“Pasal 283 itu adalah pengemudi yang tidak mengemudi secara wajar sehingga mengakibatkan terganggunya konsentrasi. Permenhub itu hanya menegaskan dan menguatkan salah satu pelanggaran tak konsen itu, nah apakah berhubungan ya pasti, tapi Permenhub berhubungan dengan UU,” tegas Kombes Pol Yusuf.

Sedangkan aturan tidak boleh merokok bagi pengendara motor diatur dalam Pasal 6 huruf (c) Permenhub No 12 Tahun 2019 yang berbunyi: “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor.(hy)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita