Youlead Camp Padang 2019, Milenial Leaders: Mewujudkan Indonesia Berdaya

INDONESIASATU.CO.ID:

Padang-Mahasiswa sebagai kaum terdidik merupakan golongan pemuda yang paling diharapkan untuk melahirkan gagasan-gagasan baru untuk menguatkan kemaslahatan bagi umat, bangsa, dan negara. Latar belakang keilmuan serta aktivitas berorganisasi dan berjejaring semestinya bisa dimanfaatkan untuk bisa memunculkan gelombang besar perubahan.

Dengan melihat hal tersebut, maka diperlukan sebuah momentum untuk menghimpun kekuatan serta ide gagasan para pemuda. Maka digelar sebuah agenda besar bertajuk kaderisasi kepemimpinan yang dikemas dalam agenda Youlead Camp dengan mengambil tema “Milenial Leaders: Mewujudkan Indonesia Berdaya”. Kegiatan Youlead Camp ini diselenggarakan di Auditorium Gubernur Sumatera Barat. Sabtu-Ahad, (18-19 Mei 2019).

Youlead Camp adaLah orientasi program bagi seluruh penerima manfaat Youlead yang baru tergabung. Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 2 hari di seluruh wilayah program Youlead.

Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) Mengukuhkan calon penerima manfaat Youlead yang lolos seleksi sebagai penerima manfaat Youlead, (2) Memahamkan konsekuensi akad, (3) Menguatkan profil integritas pada diri penerima manfaat, (4) Menguatkan wawasan kebangsaan dan kepemimpinan, (5) Serta membangun soliditas dan kolaborasi antar penerima manfaat di semua wilayah.

Berikut adalah materi yang akan diberikan dalam serangkaian agenda Youlead Camp: Inspiration Leadership Talks (Ted’X)

1. Potensi dan Tantangan Memimpin Daerah (Drs. H. Nasrul Abit, MM., Wakil Gubernur Sumatera Barat)

2. Membangun Semangat Filanthropi di Kalangan Milenial (Musfi Yendra, S. IP, M. Si., Direktur Dompet Duafa Niaga)

3. Mengelola Jaringan Leaders 4.0 untuk Indonesia Berdaya (Kangen Drivama, PM Bakti Nusa 9 Padang)

4. Mengubah Bonus menjadi Berkah Demografi Bagi Kemajuan Daerah (Prof. Dr. H. Ganefri, M. Pd, Ph. D., Rektor Universitas Negeri Padang)

5. Mengelola Komunitas (Witra Kadino, Ketua FIM Sumbar)

6. Mengelola Bisnis Digital (Basuki, SS "Pak Uwo", Praktisi Internet Marketing)

7. Islamic Worldview (Prof. Yawirman, SH, MH,. Guru Besar Fakultas Hukum Unand)

8. Kepemimpinan Dalam Islam (Randi, Wapresma UNAND)

Adapun Peserta kegiatan Youlead Camp ini merupakan mahasiswa yang telah lolos sebagai Penerima Manfaat Program Kaderisasi Pemimpin Muda Strategis Berintegritas (YOULEAD) agar mendapatkan pemahaman dan praktek yang mendalam tentang materi yang diberikan. Selain itu acara ini juga dihadiri sekitar 300 orang peserta karena acara bertajuk seminar ini dibuka untuk umum.

Setelah memberikan materi Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumatera Barat mengatakan "generasi muda saat ini harus lebih banyak belajar, dengan kondisi sekarang dengan adanya kemajuan teknologi maka mereka tidak boleh lagi bersantai-santai. Orang yang sukses adalah orang yang aktif berorganisasi, memahami kondisi saat ini kemudian orang yang bisa mengikuti kemajuan teknologi".

Nasrul Abit menambahkan "acara ini harus ditingkatkan dan mengundang para rektor-rektor sebagai pemateri dan juga pemimpin-pemimpin milenial saat ini ditambah dengan motivator-motivator yang akan membangkitkan semangat mereka, agar mereka aktif dalam melakukan perubahan".

Fadlil salah satu peseta seminar mengatakan "kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya, karena mendatangkan pemateri yang luar biasa dan membuat wawasan dan semangat saya menjadi bertambah".

Agung Pramudio selaku koordinator acara merasa bahagia karena acara ini berjalan lancar "Insya Allah dalam acara selanjutnya kami akan mendatangkan pemateri-pemateri terbaik agar para generasi muda tercerahkan".

Acara dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama, sholat tarwih di masjid Raya Sumatera Barat, i'tikaf, sahur, sholat subuh dan diakhiri dengan foto bersama. (FY)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita